Serunya Kemah PKS Lampung, Peserta Bawa Kompor, Telor dan Masak Sendiri

0
72


Mungkin persepsi bagi sebagian masyarakat, para anggota dan fungsionaris organisasi politik (partai), serba ingin mendapatkan kemudahan fasilitas, termasuk dalam hal pemenuhan kebutuhan konsumsi/ makan, minum dan lain sebagainya.

Namun tampaknya berbeda dengan ratusan para kader dan fungsionaris Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Lampung yang mengikuti Kemah Bakti Nusantara (Kembara) 2 yang dilaksanakan sejak Jum’at (8/11) hingga Ahad (10/11) di Taman Wira Garden, Batu Putu, Bandar Lampung.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumsi selama 3 hari acara, peserta Kembara mempersiapkan semuanya sendiri, termasuk membawa peralatan masak dan bahan-bahan yang dibutuhkan. Seluruh peserta dari 15 Kota/Kabupaten se Lampung, terlihat masing-masing membawa peralatan memasak seperti kompor, wajan, panci dan tabung gas. Disamping itu mereka pun juga membawa bahan-bahan untuk memasak, seperti sayur-mayur, telor, tempe, tahu beserta bumbu-bumbu yang dibutuhkan.

Amru (36), peserta Kembara yang mombawa tabung gas dari Lampung Timur mengatakan bahwa kemah yang seperti inilah yang dirasakan memiliki nilai plus. “Masing-masing peserta kan bergabung dalam kelompok atau regu, nah kemudian masing-masing anggota regu mengusulkan diri untuk membawa perlengkapan yang dibutuhkan. Jadi kolektivitas atau kerja bersama muncul,” kata Amru.

Menurut Martono, Ketua Bidang Kepanduan dan Olahraga PKS Lampung, bahwa Kembara kali ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional, 10 November 2019 mendatang. “Masing-masing dari kita ingin mengambil inspirasi dari pahlawan. Setidaknya menjadi pahlawan bagi kelompok atau regu Kembara. Saling berinisiatif membawakan sesuatu yang bermanfaat bagi regu mereka termasuk perlengkapan yang dibutuhkan selama kegiatan, seperti tenda, alat masak dan lain sebagainya,” Martono.

Secara luas, nilai-nilai kepahlawanan harus kita ambil dan dijadikan pedoman dalam menjalani kehidupan. “Seperti pengorbanan, kedisiplinan, pantang menyerah, setia kawan, bekerja sama, dan soliditas serta yang paling penting adalah menjaga NKRI. Ini makna yang lebih luas dari semangat kepahlawanan dalam agenda Kembara PKS memperingati Hari Pahlawan,” ungkap Martono.

LEAVE A REPLY