Pray For Sulbar” Relawan PKS sudah di Mamuju

0
1158

Bencana Alam Gempa Bumi yang menguncang daerah Majene dan Mamuju Sulbar dalam 2 hari secara berturut-turut pada hari Kamis – Jum’at (14-15/1/2021) ini menimbulkan banyak kerusakan, gedung kantor, hotel, fasilitas kesehatan banyak yang hancur dan rubuh serta jatuhnya sejumlah korban jiwa.

Berdasarkan data dari Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Pusdalops BNPB) melaporkan jumlah korban meninggal dunia akibat gempa di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat hingga Jumat (kemarin-15/1/2021) sebanyak 42 orang. Jalur Palu – Mamuju cukup aman walaupun ada beberapa titik longsor akibat hujan yang mengguyur wilayah Mamuju.

Alhamdulillah Relawan PKS Sulawesi Tengah bertindak sigap dan bergerak cepat menuju lokasi bencana. Sabtu pagi, (16/1/2021) Relawan PKS Sulteng tiba di Posko Tanggap Bencana Gempa Kantor DPW PKS Sulawesi Barat. Rombongan Relawan yang berangkat dari Palu diterima langsung oleh Yuki Permana, Ketua DPW PKS Sulbar.

“Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh Kader PKS dan masyarakat Sulawesi Tengah yang telah peduli terhadap korban gempa, semoga amal kebaikannya berkah dan bermanfaat serta dibalas oleh Allah SWT,” ucap Yuki Permana yang pernah menjadi anggota DPRD Prov. Sulbar periode 2014-2019.

Dalam respon bencana gempa Mamuju, Ketua DPRD Kab. Donggala, Takwin juga ikut bersama Relawan PKS Sulteng.

Beliau menceritakan bahwa bantuan sempat dijarah oleh warga saat rombongan PKS melintas sebelum masuk Kota Mamuju, seperti dalam video yang sudah banyak beredar.

Namun informasi terkini dari lapangan bahwa telah dilakukan pembersihan masyarakat yang melakukan penghadangan terhadap kendaraan yang membawa logistik bantuan disepanjang Jalan Poros Mamuju – Palu yang dipimpin oleh Karo OPS Polda Sulbar Kombespol Muhammad Helmy, S.I.K jadi situasi aman terkendali.

“Semangat kebersamaan dari seluruh elemen masyarakat sangat luar biasa untuk saling membantu dan meringankan beban para korban,” kata Takwin.

Tak lupa beliau juga menyampaikan bela sungkawa yang mendalam kepada seluruh korban gempa. Dan dalam kesempatan itu, Takwin juga menyerahkan secara simbolis bantuan logistik kepada warga sekitar posko dan disaksikan langsung oleh Ketua DPW Sulbar, Yuki Permana.

Sementara itu Relawan PKS Sulawesi Tengah merilis beberapa daftar kebutuhan mendesak dilokasi bencana gempa sebagai berikut:

1. BBM, solar, premium
2. Air minum
3. Tenda, terpal, selimut, veltbed
4. Genset dan alat penerangan
5. Bahan makanan
6. Makanan bayi dan anak
7. Tenda atau Terpal
8. Jas hujan
9. Obat-obatan dan multivitamin
10. Dapur umum

LEAVE A REPLY