Sosialisasikan Perda Ketahanan Keluarga, Johan Sulaiman Bagikan Paket ‘Budikdamber’

0
190

Ketua Badan Kehormatan DPRD Provinsi Lampung , Ir. H. Johan Sulaiman, M.M mensosialisasikan Peraturan Daerah No. 4 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga di Desa Sukaraja, Gedong Tataan, Pesawaran, Sabtu (13/6/2020). Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh warga Pesawaran dari kalangan petani, peternak yang terdampak Covid-19.

Dalam kegiatan sosialisasi Perda Ketahanan Keluarga ini, Anggota DPRD Provinsi Lampung dari Fraksi PKS ini mengatakan, dalam ajaran Islam ada tiga hal yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan dalam ketahanan keluarga, yaitu unsur jasad, akal, dan ruh. Ajaran Islam mengajarkan manusia agar memperhatikan ketiga hal ini secara seimbang : gizi yang baik untuk jasad, ilmu yang baik untuk akal, selalu mengingat Allah untuk ruh. Ketiga aspek ini tertuang dalam Pasal 4 Perda Ketahanan Keluarga tentang tujuan pembangunan ketahanan keluarga.
Menurut Johan Sulaiman, untuk membangun ketahanan keluarga yang harmonis diperlukan peran serta yang komprehensif dan optimal dari Pemerintah daerah,aparat desa dan keluarga.

Di akhir kegiatan Sosialisasi Perda No 4 Tahun 2018, Johan Sulaiman juga memberikan bantuan paket ‘Budikdamber’, budidaya ikan dalam ember. Paket yang diberikan terdiri dari : 1 buah ember 80 L, benih ikan lele, bibit kangkung , dan gelas plastik. Budikdamber ini dikembangkan oleh dosen budidaya perikanan dari Politeknik Negeri Lampung, Juli Nursandi.

Johan Sulaiman menyampaikan, dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini banyak masyarakat yang terdampak secara ekonomi. Diharapkan dari pemberian bantuan Budikdamber ini, bisa membantu kebutuhan pangan & perekonomian masyarakat. Dengan Budikdamber, masyarakat dapat beternak lele dan menanam sayuran sekaligus, meskipun di rumahnya tidak memiliki lahan yang luas.

Selain itu, di tengah kondisi new normal yang terus disosialisasikan pemerintah pusat, Johan Sulaiman menyampaikan bahwa kita harus tetap menjaga protokol kesehatan, dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dari orang lain minimal 1-2 meter, serta selalu menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi vitamin.

LEAVE A REPLY