Akademisi Apresiasi Ngopi Virtual Fraksi PKS DPRD Lampung

0
405

BANDAR LAMPUNG (14/5) — Merespon harapan publik tentang pembiayaan dalam Pendidikan khususnya Pendidikan yang dikelolah oleh swasta, Fraksi PKS DPRD Lampung melakukan Ngopi (Ngobrol online tentang Publik) malam melalui aplikasi zoom, Rabu (13/5) malam.

Dalam ngobrol online tersebut terungkap berbagai keluhan dari pengelola sekolah swasta mengenai dampak Covid 19 terhadap operasional sekolah, terlebih setelah munculnya statemen dari Gubernur Lampung tentang larangan penarikan sumbangan Pendidikan oleh pihak sekolah kepada orangtua/walimurid penerima layanan Pendidikan tersebut.

Menurut Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD Lampung, Ade Utami Ibnu, agenda Ngopi malam atau Ngobrol Online tentang Publik malam merupakan respon cepat atas isu dan peristiwa yang terjadi di Sai Bumi Ruwa Jurai.

“Kami di Fraksi PKS menangkap perbincangan dari berbagai kanal media social seperti facebook, instagram dan grup-grup whatsap seputar persoalan Pendidikan khususnya mengenai keluhan orang tua murid yang terdampak Covid,” kata Anggota Fraksi PKS Dapil Kota Bandar Lampung.

Pihaknyapun menangkap adanya keluhan dari sekolah swasta mengenai persoalan operasional sekolah yang terhambat jika kebijakan Pemerintah Daerah benar-benar dilaksanakan pasca stetemen mengenai larangan penarikan sumbangan Pendidikan dari pihak sekolah kepada orang tua dimasa pandemi oleh Bapak Gubernur.

Hadir sebagai narasumber diantaranya adalah Doktor Abdurrahman, Akademisi dari FKIP Universitas Lampung, Hadi Aspirin, pegiat Pendidikan serta para orang tua / walimurid dan para pengelola sekolah swasta di Provinsi Lampung, serta Anggota Komisi V dari Fraksi PKS, Antoni Imam.

“Dari perbincangan-perbincangan yang ada dalam Ngopi Malam melalui media virtual, terkait statemen Bapak Gubernur, Fraksi PKS mendorong kepada Gubernur Lampung untuk menyiapkan kebijakan yang komprehensif, sehingga saling menyempurnakan”ungkapnya

Dia bersama Anggota Fraksi PKS lain yang ada di Badang Anggaran DPRD Lampung, akan mengawal agar APBD Lampung Refocusing penanganan Covid 19 juga menyentuh kebutuhan sekolah swasta.

Sementara terkait Ngopi atau Ngobrol Online tentang Publik ini, kedua narasumber yakni Abdurraham dan Hadi Aspirin menyampaikan apresiasi yang tinggi atas dibukanya keran informasi virtual tersebut. “Penting adanya semacam rembug Pendidikan di level Provinsi sama seperti yang dilakukan kita pada hari ini. Kami mengapresiasi agenda ini,” kata Hadi.

Sedangkan Abdurraham dalam paparannya berharap jika Fraksi PKS harus menjadi connector dan golden circle (lingkaran emas) atas berbagai persoalan Pendidikan dengan pelibatan-pelibatan yang luas bersama dunia usaha dan industri, pemerintah dan masyarakat.

LEAVE A REPLY