Ade Utami Ibnu Usul Tambah Dana Kontingensi Wabah Corona di APBD Perubahan

0
1281
YOASt SEO
PKS lampung berkhidmat untuk Lampung dan Indonesia

Mengingat situasi Lampung masih dalam ketidakpastian khususnya terkait erat dengan wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang mulai menjangkit di Provinsi Lampung, maka Anggota Komisi 3 DPRD Lampung, Ade Utami Ibnu mengusulkan agar disiapkan Dana Siap Pakai.

Menurutnya Anggaran Tak Terduga yang tersedia di APBD Lampung untuk Tahun Anggaran 2020 sekitar 15 milyar. Sehingga berdasarkan pengamatannya, dimana situasi di daerah masih dalam ketidakpastian, Ade Utami Ibnu, anggota komisi 3 DPRD Lampung, mengusulkan Penambahan Anggaran Tak Terduga utk Kontingensi wabah Corona pada APBD Perubahan 2020.

“Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2008 tentang Pendanaan dan Pengelolaan Bantuan Bencana, dana siap pakai adalah dana yang selalu tersedia dan dicadangkan oleh Pemerintah untuk digunakan pada saat tanggap darurat bencana sampai dengan batas waktu tanggap darurat berakhir”kata Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD Lampung

Dia menambahkan jika pada PP tersebut khususnya pada pasal 6 bahwa Pemerintah daerah dapat menyediakan dana siap pakai dalam anggaran penanggulangan bencana yang berasal dari APBD yang ditempatkan dalam anggaran BPBD.

Dana siapa pakai tersebut sangat dibutuhkan utk penanganan maupun pencegahan penyebaran virus corona di Lampung.

Pemprov harus segera lakukan operasi pasar khususnya terkait erat dengan kebutuhan mendesak saat ini yakni penyiapan hand sanitizer dan masker yang langka utk masyarakat serta menyiapkan penyemprotan disinfektan,” kata Ade.

LEAVE A REPLY