Sumur Bor Bantuan Pemprov, Butuh Anggaran Perawatan

0
609

img-20161230-wa0044

BANDAR LAMPUNG — Temuan di lapangan saat pelaksanaan reses periode 19-24 Desember lalu di Lampung Timur, beberapa unit sumur bor bantuan Pemerintah Provinsi Lampung yang ditempatkan di Lampung Timur kondisi terkini jauh dari kelayakan dan sudah tak bisa difungsikan.

Hal ini dikatakan Anggota Fraksi PKS DPRD Lampung, Dapil Lampung Timur, Murdiansyah Mulkan di Bandar Lampung melalui sambungan telefon, Jum’at (28/12).

“Ada beberapa unit sumur bor bantuan pemerintah propinsi Lampung di Lampung timur, kondisinya saat ini tidak dapat difungsikan” kata Murdiansyah Mulkan.

Menurutnya persoalan ketakberfungsian tersebut sangat dikeluhkan oleh masyarakat.

“Benar bahwa bantuan sumur bor sifatnya hibah, jadi utk perawatan dan pemungsiannya diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat. Tapi mereka merasa keberatan dan kesulitan karena untuk perawatan sumur bor yang berkapasitas besar tersebut, membutuhkan biaya yang besar pula” ungkap Murdiansyah.

Selain itu akibat dari besarnya biaya perbaikan, berdasarkan apa yang disampaikan masyarakat kepada Murdiansyah saat reses, sumur bor tersebut hanya berfungsi beberapa bulan, selanjutnya hanya mangkrak begitu saja.

Anggota Komisi IV ini menambahkan bahwa hal tersebut sangat disayangkan. Sebab sudah selayaknya bantuan yang sangat bermanfaat ini dapat dijaga sebagai aset bersama.

“Tentu saja, kebermanfaatan sumur bor akan berlanjut jika semua pihak mau duduk bersama dan berfikir bagaimana memecahkan persoalan ini. Salah satu alternatif yang mungkin dapat dilakukan adalah masyarakat bersama para tokoh bersama pamong desa, terutama kepala desa dapat mengkomunikasikan hal ini kepada Pemerintah Kabupaten agar dapat dianggarkan dana perawatan sumur bor secara berkala. Sehingga saling sinergis antara pemprov dan pemkab” pungkas Murdiansyah. (*)

LEAVE A REPLY