Mufti PKS: Komitmen Disdik Beri Subsidi Mahasiswa Itera Berlanjut dengan Prasyarat

0
1574

Dinas Pendidikan Provinsi Lampung tetap berkomitmen membantu mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (Itera) asal Lampung khususnya untuk angkatan 2012 dan 2013 yang berkuliah di kampus ITB dengan subsidi, meskipun terbentur Peraturan Presiden yang mengesahkan Itera sebagai PTN per Oktober 2014 lalu. Demikian diungkapkan oleh Mufti Salim, Anggota Komisi V DPRD Lampung selepas agenda hearing di ruang komisi, Selasa (27/11).

Mufti mengungkapkan berdasarkan penuturan dari pihak Disdik bahwa dengan perpres trsebut, konsekuensi Itera sebagai PTN adalah pembiayaan PTN berasal dari APBN, sehingga subsidi dari Pemda melalui APBD pada Disdik Provinsi Lampung tidak berlaku. “Artinya dengan kejadian ini potensi drop outnya mahasiswa Itera asal lampung menjadi terbuka” kata Wakil Ketua Fraksi PKS.

Namun demikian, Mufti juga mengungkapkan bahwa komitmen bantuan subsidi bagi mahasiswa Itera asal Lampung akan tetap di lakukan oleh Disdik Provinsi Lampung, meski dengan catatan mahasiswa tersebut berprestasi secara akademis, berasal dari kalangan yang kurang beruntung dan yang masih menyelesaikan perkuliahan di ITB.

Sebagaimana yang diketahui bahwa persoalan diatas muncul setelah adanya pemberitaan di media terkait 88 mahasiswa Itera terancam drop out karena tagihan biaya pendidikan dari Rektor Itera yang cukup besar senilai hingga 40 juta kepada masing-masing mahasiswa melalui surat bernomor 174/I1.B04.4/0T/2014.

Mufti menambahkan jika kedepan begitu penting untuk diadakan dialog antara Pemda, DPRD dengan Orang tua mahasiswa dan mahasiswa Itera dalam satu forum, sehingga tercipta harmoni antara pihak-pihak terkait.[]

LEAVE A REPLY