Panduan Sholat Khusuf (Gerhana Bulan)

0
574

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله

Insya Allah akan terjadi Gerhana Bulan Sebagian (GBS) pada Senin tanggal 4 Juni 2012. Gerhana akan dimulai pada pukul 16.59 WIB (belum dapat dilihat). Dapat terlihat sekitar pukul 18.00 WIB lewat (jika langit cerah/tidak mendung). Puncak gerhana sekitar pukul 18.00 berakhir sekitar pukul 19.07 WIB.

Maka, berdasar pada Sunnah Rasulullah SAW, kita disunnahkan –sunnah muakkadah/sunnah yang sangat dianjurkan- untuk mendirikan sholat Sunnah Gerhana berdasar pada hadits Bukhari dari ‘Aisyah dan Ibnu ‘Abbas.

Adapun tatacaranya adalah sebagai berikut :

1. Ada aba-aba : الصلاة جامعة

2. Jama’ah mengambil posisi shof seperti sholat biasa dan berniat sholat gerhana di dalam hati. Sholat diutamakan berjamaah.

3. Sholat dilaksanakan dengan dua rekaat, dengan empat ruku’ dan empat sujud. Caranya adalah sebagai berikut : setelah membaca Al-Fatihah dan surat pada rekaat pertama, jamaah ruku’, kemudian i’tidal dan imam mengucap, “Sami’allaahu liman hamidah….” . Jamaah mengikuti imam. Setelah itu berdiri seperti rekaat pertama dan membaca Al-Fatihah serta surat (jadi tidak langsung sujud). Setelah selesai, kemudian ruku, i’tidal baru sujud dan seterusnya seperti sholat biasa.

4. Rekaat kedua seperti rekaat pertama.

5. Setelah selesai rekaat kedua, mengucapkan salam.

6. Jama’ah mendengarkan khutbah singkat.

7. Sholat sebaiknya dikerjakan dengan suara keras (sebagaimana yang dipilih oleh Imam Bukhari)

8. Sholat gerhana dapat dilakukan di rumah. Tapi yang paling baik di masjid.

Bandarlampung, 13 Rojab 1433 H / 3 Juni 2012M

DSW Lampung

KH. Ahmad Mufti Salim, Lc., MA.

Ketua

LEAVE A REPLY