Gufron Wacanakan Asuransi untuk Nelayan

0
375

Salah satu upaya untuk meningkatkan derajat nelayan menurut Ketua Fraksi PKS DPRD Lampung, Gufron Azis Fuadi adalah dengan cara memberikan jaminan sosial dalam bentuk asuransi. Hal ini diungkapkan Gufron menyikapi hari nelayan yang jatuh pada Sabtu (6/4/2013).

Untuk mengangkat derajat hidup nelayan, menurut Gufron setidaknya perlu melakukan beberapa hal. Pertama, mendorong terbentuknya serikat nelayan yang kuat dan berdaya. Serikat nelayan harus mampu memenuhi kebutuhan anggota dan melindungi hak-hak nelayan yang tersingkirkan.

“Akses permodalan, pemasaran dan teknologi penangkapan serta pemprosesan ikan diperjuangkan bersama,” katanya dalam rilis yang diterima Tribun.

Kedua, pentingnya keberadaan jaminan sosial bagi nelayan dalam bentuk asuransi. “Tentu dengan asuransi bagi nelayan akan sedikit membantu mengantisipasi keadaan yang tidak menguntungkan bagi si nelayan maupun keluarganya,” ungkapnya.

Terakhir, secara historik-kultural, kebijakan kembali ke laut (back to the sea) berarti re-invensi kejayaan bangsa. Harapan besar, masa emas Kerajaan Sriwijaya, Majapahit, Demak atau Banten yang berjaya di lautan dapat di wujudkan kembali.

“Tradisi perjuangan nenek moyang kita sebagai pelaut yang berlayar sampai ke Pulau Madagaskar dan Tanjung Harapan di Afrika jangan sampai pupus,” imbuhnya.

Sumber : http://lampung.tribunnews.com/2013/04/06/gufron-wacanakan-asuransi-untuk-nelayan

LEAVE A REPLY