Junaidi Auly Advokasi Pemulangan Calon TKI Asal Lampung Timur

0
509

 

1447728830671JAKARTA – Pasca mendapat laporan terlantarnya seorang calon tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Lampung Timur, anggota DPR RI dari Lampung Ahmad Junaidi Auly mengupayakan agar yang bersangkutan dapat dipulangkan ke kampung halamannya.

“TKI ini kita coba selamatkan setelah mendapat laporan dari pihak keluarganya di Lampung Timur karena kondisinya sakit dan depresi berat setelah lima bulan tanpa kejelasan di tempat penampungan,” ujar anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) ini di ruang kerjanya di Gedung Nusantara I DPR RI (2/2/2016).

Junaidi menjelaskan, oleh PT Suma Jaya, perusahaan yang merekrut calon TKI bernama Suharti binti Ponijo ini, awalnya ia dijanjikan bekerja ke Hongkong. Tanpa pemberitahuan tiba-tiba rencana berubah dan akan dipindahkan ke Malaysia. Demikianpun kenyataannya setelah selama lima bulan Suhartini tidak kunjung berangkat dan tidak ada kejelasan, bahkan diminta membayar denda sebesar Rp 11 juta jika ia minta pulang.

“Padahal klausul denda tersebut tidak ada dalam surat perjanjian sebelumnya,” jelas Junaidi. Kini Suharti, warga Desa Raman Endra, Kecamatan Raman Utara, Kabupaten Lampung Timur ini masih diberi perawatan medis dan sementara ditampung sebelum akhirnya dipulangkan.

Junaidi berharap pihak perusahaan yang berlokasi di Jalan Raya Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur ini dapat lebih kooperatif dan atas nama kemanusiaan bersedia segera memulangkan Suharti. “Sampai sore ini proses pemulangan masih alot karena pihak perusahaan minta sejumlah syarat,” papar Junaidi. []

LEAVE A REPLY